Penyebab penyakit gangren

Penyebab penyakit gangren

Suatu kondisi ketika jaringan tubuh mati inilah yang disebut dengan penyakit gangrene . Penyebab utamanya adalah karena luka yang telah mengeluarkan banyak darah lalu dibiarkan terbuka dan terinfeksi oleh bakteri yang menyebabkan sirkulasi darah yang terhambat. Gangren biasanya berada di bagian tubuh paling ujung misal jari tangan , tungkai dan jari kaki tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa gangren bisa terjadi pada otot dan organ dalam . Infeksi yang mengawali gangren jika tidak ditangani akan membuat jaringan mati itu karena aliran darah tidak bisa membawa oksigen dan darah tidak bisa mengalir lancar dan bebas ke seluruh tubuh ini mengakibatkan sel sel tubuh mati . Bahkan gangrene ini memiliki beberapa jenis yaitu gangren kering , gangren basah , gangren gas , gangren internal dll . Pengobatan gangren pun terbagi menjadi dua bisa dengan pengobatan dokter seperti amputasi , operasi jaringan tubuh , minum obat obatan dan amputasi dan juga pengobatan secara alami . Penyakit gangren ini bisa saja menjadi serius dan berakibat fatal apabila dibiarkan dan tidak dirawat dengan baik . Dilansir dari halodoc , bahkan ada faktor resiko gangrene adalah

  • Cedera parah atau operasi

Tentu hal ini juga menimbulkan gangren . Karena si penderita sudah memiliki kondisi yang mempengaruhi aliran darah ke area yang terluka . dan proses tersebut menimbulkan trauma pada kulit serta jaringan pasca cidera atau operasi sehingga resiko terkena gangren sangat besar .

  • Merokok

Merokok memang banyak sekali kerugian nya untuk kesehatan kita daripada keuntungannya . banyak penyakit yang ditimbulkan oleh merokok ini salah satunya gangrene . Resiko terkena gangrene untuk perokok aktif yang lebih tinggi .

  • Kegemukan

Bisa menyebabkan timbulnya gangrene karena kegemukan atau obesitas dapat menekan arteri yang dapat mengurangi aliran darah serta meningkatkan resiko infeksi dan penyembuhan luka yang alama dan buruk .

  • Obat yang disuntikkan

Obat obatan terlarang yang disuntikkan terbukti dapat menyebabkan infeksi bakteri yang dapat meningkatkan resiko terkena gangren tetapi faktor ini sangat jarang terjadi .

  • Imunosupresi

Orang yang daya imunnya rendah membuat kemampuan tubuh melawan infeksi terganggu sehingga dapat mudah terkena bakteri gangrene .

  • Diabetes

Diabates tentu saja berhubungan dengan kadar gula darah , jika kadar gula darah tinggi dapat merusak pembuluh darah dan bisa saja menganggu aliran darah ketubuh kita sehingga memicu gangren

  • Penyakit Pembuluh darah

Gumpalan darah yang dapat menghalangi aliran darah ke tubuh karena arteri yang mengeras dan menyempit.

Banyak sekali memang faktor yang menyebabkan tingginya resiko terkena gangrene tetapi setelah kita membaca cara mengatasinya dan gejala gangrene kita akan lebih berhati hati dan menjaga diri serta rutin melakukan pemeriksaan diri ke dokter jika sudah mengetahui gejala gangren . Dilansir dari hellosehat inilah penyebab gangrene yang perlu juga kalian ketahui :

  1. Asupan darah

Tanpa asupan darah yang cukup , tubuh tidak bisa mendapatkan nutrisi yang cukup untuk bertahan dan membuat jaringan serta sel membusuk . Karena darah adalah sebuah penyediaan oksigen , dan komponen sistem imun atau antibody juga penting untuk menangkal bakteri yang menyebabkan gangren.

  1. Infeksi

Apabila luka sudah mengeluarkan banyak darah  dibiarkan secara lama tanpa penanganan dan perawatan bahkan dibiarkan secara terbuka membuat bakteri telah berkembang pesat dan infeksi menyebabkan gangren.

Sumber gambar : hellosehat.com