Mengenal Gambar Ilustrasi dan Langkah Pembuatannya

Mengenal Gambar Ilustrasi dan Langkah Pembuatannya

Tentu Anda pernah melihat postingan di sosial media berupa gambar yang tidak sebenarnya. Artinya, gambar tersebut berupa ilustrasi dan memberikan pesan tersirat bagi yang melihatnya. Itulah yang dinamakan dengan gambar ilustrasi. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai pengertian dari gambar ilustrasi sekaligus bagaimana proses pembuatannya.

Apakah Pengertian Gambar Ilustrasi?

Sesuai namanya, maka gambar tersebut berupa hasil tulisan dalam bentuk lukisan, fotografi, drawaing, maupun teknik seni rupa lain yang mengutamakan relasi antara tulisan dengan subyek ketimbang bentuk gambarnya. Tujuan dari ilustrasi tersebut adalah memperjelas, memperindah, maupun menerangkan sebuah tulisan yang dibantu dengan media visual supaya lebih mudah dicerna. Untuk itu, dikenal ilustrasi yang baik yang mampu merangsang pembaca untuk berimajinasi terkait isi cerita.

Langkah Pembuatan Gambar Ilustrasi

Ya, tak perlu berlama-lama, mari kita langsung bahas mengenai cara pembuatan gambar tersebut. Simak baik-baik ya!

Siapkan Gagasan

Langkah pertama yang harus Anda siapkan adalah gagasan. Gagasan adalah bahan yang akan diilustrasikan. Supaya lebih menarik, buatlah gagasan yang unik dan kreatif. Jika perlu, belum pernah diilustrasikan sebelumnya. Jika sudah, olah gagasan tersebut guna menentukan adegan yang akan digambar dalam bentuk visual, tokoh-tokoh yang terlibat, suasana yang diinginkan, sampai corak maupun media yang nanti digunakan. Ingat, penentuan gagasan yang baik berpengaruh terhadap hasil dari kreasi gambar tersebut.

Buat Sketsa

Sebelum terjun untuk menggambar di atas media, terlebih dulu buatlah rancangannya terlebih dulu atau sering disebut dengan sketsa. Buatlah sketsa gambaran dengan menggunakan pensil warna supaya mudah untuk dihapus ketika ada kekeliruan. Tuangkan pula gagasan yang telah dibuat sebelumnya bersamaan dengan tahap mensket.

Dalam tahap ini, bisa dibilang langkah yang sangat penting supaya menghasilkan hasil ilustrasi yang baik. Pastikan membuat coretan yang detail mulai dari tata letak dan juga gerakan dari objek yang digambar. Semakin detail ilustrasinya, maka akan semakin sempurna hasilnya. Usahakan, corak yang sama pada tiap unsur supaya tidak kolase.

Beri Warna

Setelah selesai mendesain sketsa, langkah selanjutnya memberikan warna pada objek yang telah digambar. Pewarnaan ini bertujuan untuk memberikan ekspresi supaya lebih mudah dicerna orang lain. Pewarnaan ini dapat dilakukan dalam dua corak yaitu corak realis dan juga corak non realis. Apakah maksud dari kedua corak tersebut? Ya, dalam teknik pewarnaan bercorak realis, artinya harus memperhatikan kenyataan yang ada. Sebaliknya, corak non realis tidak memperhatikan hal nyata melainkan dilakukan secara bebas sesuai daya imajinasi ilustrator.

Itulah cara singkat untuk membuat ilustrasi. Bagi Anda yang penasaran dengan hasilnya, berikut ini adalah ragamnya berupa komik, cover, dan ilustrasi karya sastra.

Komik

Jika Anda termasuk penggemar komik, tentu akan terbiasa dengan gambar ilustrasi yang ditampilkan baik dalam media digital maupun kertas. Komik berasal dari kata comic yang artinya lucu atau jenaka. Nah, dalam penyajian komik ini berupa rangkaian gambar dimana tiap gambar tersebut saling berkaitan satu sama lain dan mengandung inti cerita atau comic strip. Komik yang baik adalah yang mampu menampilkan gambar dengan ilustrasi yang baik dan detail sekaligus menyampaikan pesan sang ilustrator.

Cover

Selain komik, cover juga salah satu ragam yang memiliki ilustrasi. Cover yang baik artinya mampu memberikan gambaran yang mewakili keseluruhan isi buku.

Nah, itulah berbagai hal mengenai ilustrasi yang perlu Anda tahu. Tertarik untuk mencobanya?