Kiat Membeli Mobil Bekas Jakarta Biar Tidak Di kibuli Penjual

Kiat Membeli Mobil Bekas Jakarta Biar Tidak Di kibuli Penjual

Jakarta merupakan ibukota di Indonesia yang terkenal sebagai kota metropolitan. Tidak hanya itu, kota besar ini juga dikenal sebagai kota yang sering terjadi kemacetan karena terlalu banyaknya kendaraan, apalagi mobil. Kendaraan roda 4 itu memang sering dicari oleh masyarakat Jakarta dari berbagai kalangan, jadi tidak heran kalau sudah semakin banyak saja penjualan mobil bekas Jakarta dan baru di sana.

Mobil second atau bekas menjadi solusi untuk kalangan menengah ke bawah yang mau memiliki mobil tapi budgetnya hanya terbatas. Ada beberapa alasan kenapa mereka mau saja membeli yang sudah bekas, antara lain harganya yang murah tapi kualitas mesinnya masih bisa mumpuni. DPnya pun bisa kamu bayarkan lebih murah daripada membelinya yang baru.

Buat kamu sedang mencari mobil bekas, simak dulu kiat-kiatnya di bawah ini agar tidak dikibuli oleh penjualnya.

  1. Beli di dealer terpercaya

Hal yang harus kamu tahu dulu sebelum membeli mobil second yaitu pastikan kamu pilih dealer yang benar-benar terpercaya bukan abal-abal. Jangan sampai kamu beli di tempat yang ilegal, apalagi yang tidak resmi karena bisa membuat kamu rugi ditipu.

Usahakan saja kamu membelinya di tempat yang sudah memiliki nama perusahaan, apalagi dari dealer resminya, sehingga kamu pun bisa mendapatkan mobil second yang benar-benar terpercaya. Kalau tidak mau membelinya di dealer-dealer resmi, kamu bisa membelinya melalui website.

Sekarang sudah banyak website penjualan mobil bekas Jakarta yang berlalu-lalang di dunia maya. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mencari mobil yang diinginkan. Tapi kembali lagi, pastikan kamu pilih di website terpercaya.

  1. Jangan tergiur harga murah

Mobil yang sudah bekas pasti ditawarkan dengan harga yang murah. Tapi kamu harus pastikan kalau harganya yang murah juga harus didukung dengan kualitas mesin yang masih mumupuni. Jadi, jangan sampai kamu tergiur saat penjual menawarkan harganya yang murah. Kamu harus memastikan dulu beberapa kondisi mesinnya, apakah masih layak dipakai atau sudah rusak di beberapa bagian.

Meski pun murah tapi kalau ada kerusakan di interior, eksterior, atau komponen lainnya, tetap saja kamu harus memperbaikinya lagi dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk membetulkannya. Itu sama saja kalau kamu membeli mobil yang baru.

  1. Jangan terburu-buru membelinya

Saat kamu mau membeli mobil bekas, lebih baik jangan langsung berburu-buru membelinya. Sama saat mempertimbangkan harga. Pastikan kamu cek dulu semua kondisinya, mulai dari kondisi mesin, bodi, dan komponen lainnya.

Tidak ada salahnya kalau kamu mengecek kondisi asli dari mobil second itu. Misalkan saja kamu mau mengecek tampilan bodinya. Kamu bisa melihatnya dulu di Google untuk membandingkan apa saja bodi yang sudah diganti oleh pemilik sebelumnya. Tentu saja hal itu bisa mempengaruhi harganya.

  1. Cek kondisi mesin

Mesin adalah komponen yang sangat penting dalam keselamatan berkendara. Karena itu, pastikan kamu cek dulu kondisi mesinnya. Kamu bisa mencoba menyalakannya, apakah suaranya masih halus atau sudah bising. Suara yang bising menandakan ada yang tidak beres dengan kondisi mesinnya. Usahakan kamu membeli mobil bekas Jakarta yang kondisi mesinnya masih bagus dan minim terjadi kerusakan sebelumnya.

  1. Cek dokumen kendaraan

Pastikan kamu mengecek dokumen kendaraan yang dimiliki pemilik sebelumnya. Dokumen-dokumen itu berupa STNK, BPKB, dan sebagainya. Jangan salah satu dari dokumen itu tidak kamu dapatkan karena akan menyulitkan kamu untuk mengurusnya lagi nanti.

Dari sedikit tips membeli mobil bekas Jakarta di atas, tentu kamu tidak usah bingung lagi saat sedang mencarinya. Pastikan saja kamu beli di dealer atau website resmi agar kamu tidak kena penipuan. Sesuaikan juga dengan budget kamu ya aga semakin nyaman menggunakannya.