Ini 8 Hal yang Dilakukan saat Servis Mobil Berkala

Ini 8 Hal yang Dilakukan saat Servis Mobil Berkala

Perawatan mobil harus dilakukan dengan baik agar performa mobil selalu terjaga. Salah satu langkah perawatan mobil yang harus dilakukan adalah servis secara berkala. Pada saat servis, kondisi mobil akan diperiksa secara menyeluruh. Berikut adalah beberapa hal yang dilakukan saat servis mobil berkala.

  1. Pemeriksaan Kondisi Mesin

Saat melakukan servis tentu kondisi mesin mobil harus diperiksa. Biasanya mesin akan dihidupkan untuk mengetahui apakah ada kerusakan pada mesin. Kerusakan pada mesin bisa dideteksi salah satunya dari suara mesin. Mesin yang tidak normal memiliki bunyi yang tidak rata dan menghentak setiap beberapa detik.

Selain bunyinya, kondisi mesin juga bisa dilihat dari getaran mesin. Mesin yang tidak normal memiliki getaran yang tidak stabil atau kasar. Selain itu, kondisi mesin juga harus dilihat secara fisik. Biasanya akan diperiksa kondisi mesin secara visual untuk memastikan bahwa mesin dalam kondisi yang baik.

  1. Pemeriksaan Air Radiator

Pemeriksaan air radiator juga akan dilakukan sebelum servis dimulai. Penutup air radiator akan dibuka agar bisa dilihat bagaimana kondisi air radiator. Jika ketinggian air radiator di bawah batas normal maka perlu dilakukan pengisian air radiator.

Selain melakukan pemeriksaan volume air radiator, perlu dilakukan juga pemeriksaan kondisi air radiator. Jika air radiator dalam kondisi yang kotor maka harus segera diganti dengan yang baru. Selain itu, akan diperiksa juga apakah ada campuran minyak di dalam air radiator yang menjadi tanda bahwa ada kebocoran oli.

  1. Pemeriksaan Oli Mesin

Pemeriksaan oli mesin juga akan dilakukan karena kondisi oli sangat berpengaruh pada performa mesin mobil. Jika oli mesin dalam kondisi encer dan kotor maka mesin mobil akan menghasilkan bunyi yang kasar. Oli yang sudah dalam kondisi encer dan kotor harus segera diganti dengan oli yang baru.

Selain pemeriksaan kondisi oli, dilakukan juga pemeriksaan volume oli. Jika volume oli mobil berada di bawah batas normal maka perlu ditambahkan oli dengan kekentalan yang sama. Biasanya akan ditambahkan oli dengan merek yang sama untuk menghindari kerusakan pada mesin mobil.

  1. Pemeriksaan Rem dan Kopling

Selain mesin, rem dan kopling harus dipastikan berada dalam kondisi yang bagus. Kanvas rem dan kanvas kopling harus segera diganti jika kondisinya sudah tidak baik. Biasanya kanvas rem akan diganti setelah pemakaian 20.000 km. Sementara itu, kanvas kopling akan diganti setelah pemakaian 10.000 km dan 50.000 km.

  1. Pemeriksaan Filter

Ada beberapa jenis filter yang ada di dalam mobil Anda. Setiap filter memiliki fungsi penting yang akan menjaga performa mobil. Saat servis mobil, kondisi filter akan diperiksa. Filter merupakan alat yang berfungsi menjaga kualitas bahan pada kendaraan mobil Anda.

Beberapa jenis filter yang akan diganti adalah filter oli, filter AC, filter udara, dan filter bahan bakar. Biasanya filter akan dibersihkan secara rutin dan diganti jika kondisinya sudah sangat buruk. Penggantian filter biasanya dilakukan saat servis 5.000 km, 10.000 km, 20.000 km, dan 50.000 km.

  1. Pemeriksaan Aki

Aki mobil memegang peran penting pada performa mobil Anda. Jika aki soak, maka mesin mobil akan sulit untuk dihidupkan. Kondisi aki harus diperiksa saat Anda melakukan servis. Jika kondisi aki tidak baik maka bisa dilakukan tindakan salah satunya adalah mengganti dengan aki yang baru.

  1. Pemeriksaan Lampu

Jika Anda sering menggunakan mobil untuk berkendara, maka usia lampu juga akan semakin pendek. Padahal, lampu memiliki fungsi penting saat Anda berkendara menggunakan mobil. Pemeriksaan lampu juga akan dilakukan ketika Anda melakukan servis. Jika lampu sudah rusak, maka akan dilakukan penggantian lampu.

  1. Pemeriksaan Ban

Ban mobil Anda juga harus diperiksa secara rutin. Kondisi ban yang baik tentu akan membuat Anda bisa berkendara dengan nyaman dan lancar. Jika ban mobil mulai menipis maka risiko kecelakaan bisa meningkat. Oleh karena itu, pastikan ban mobil Anda diperiksa ketika servis dan diganti jika memang sudah waktunya untuk diganti.

Itulah tadi 8 hal yang dilakukan ketika Anda melakukan servis pada mobil Anda. Anda bisa melakukan servis di bengkel terdekat atau menggunakan jasa montir panggilan. Satu hal yang terpenting adalah Anda harus melakukan pemeriksaan atau servis secara rutin.