Cerita-cerita Unik Jokowi Blusukan di Berbagai Daerah

Cerita-cerita Unik Jokowi Blusukan di Berbagai Daerah

Sejak menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia, Jokowi terkenal sering kali melakukan blusukan di berbagai daerah tanah air. Sebenarnya tidak hanya saat setelah menjadi presiden, tapi juga ketika beliau masih menjabat sebagai wali kota Solo maupun Gubernur DKI Jakarta. Kenapa sih Presiden Jokowi blusukan setiap kali ada kesempatan? Tentu saja agar mengetahui secara langsung perkembangan masyarakat saat ini, mulai dari harga bahan sembako dan makanan di pasar, pembangunan negara, hingga perkembangan perekonomian masyarakatnya. Kalau Jokowi melihatnya secara langsung, tentu bisa menjadi bahan pertimbangan untuk meningkatkan kehidupan masyarakat agar semakin lebih baik.

Selama beliau blusukan, terdapat cerita-cerita menarik yang selalu menjadi perhatian masyarakat Indonesia. Ada apa saja sih cerita-cerita Jokowi blusukan di berbagai daerah? Berikut ceritanya.

  1. Blusukan di lokasi erupsi Gunung Sinabung

Pada bulan Oktober 2014 lalu, beberapa daerah di Sumatera Utara mengalami dampak erupsi Gunung Sinabung, sehingga penduduk setempat harus mengungsi dan rumah-rumah warga pun mengalami kerusakan akibat erupsi tersebut.

Setelah 2 minggu Jokowi dilantik menjadi presiden, beliau menyempatkan diri untuk datang langsung ke daerah yang terkena dampak erupsi. Beliau langsung memantau bagaimana keadaan masyarakat setempat dan bangunan-bangunan rumah yang terkena dampaknya.

Di saat itu juga, Jokowi juga langsung memberikan bantuan uang tunai beserta Kartu Indonesia Sehat atau KIS maupun Kartu Indonesia Pintar atau KIP.

  1. Jokowi datang ke wilayah kebakaran hutan di Kalsel tanpa masker

Bulan September 2015 wilayah hutan Kalimantan Selatan mengalami kebakaran akibat panas yang terlalu tinggi. Kemudian, pada tanggal 23 September 2015, Presiden Jokowi blusukan ke daerah yang terbakar tersebut untuk memantau langsung keadaan di sana.

Di saat orang-orang menggunakan masker untuk menghindari asap kebakaran, Jokowi justru tidak memakai masker dan langsung menghampiri hutan-hutan yang terbakar. Padahal, akibat dari kebakaran itu, Kalimantan mengalami kenaikan polusi yang sangat tinggi, sehingga menimbulkan penyakit pernafasan pada masyarakatnya.

Pujian pun datang ke Presiden Jokowi karena rela datang untuk melihat langsung keadaan di sana dan menanggapinya dengan cepat, tapi sekaligus nyinyiran karena dianggap pencitraan karena tidak menggunakan masker saat sedang berkunjung ke lokasi bencana.

  1. Bertemu dengan seorang anak yang bernama Jokowi

Presiden Jokowi tidak hanya blusukan ke wilayah barat atau tengah saja, tapi juga ke daerah timur, tepatnya Papua. Ketika beliau sedang berkunjung ke Kampung Kayeh yang berada di Kabupaten Asmat, Presiden Jokowi datang menghampiri seorang ibu yang sedang menggendong anaknya yang masih kecil.

Saat ditanya namanya siapa oleh bapak presiden, ibu tersebut menjawab namanya Jokowi. Setelah mendengar itu, Jokowi tersenyum dan mengatakan ke seluruh rombongannya kalau nama anak tersebut adalah Jokowi. Tidak lama itu, beliau berkata ke anak itu, “mirip saya ya kalau sudah besar”.

  1. Iriana boncengan dengan Jokowi di Agats

Tahun 2018, tepatnya bulan April, Jokowi datang kembali ke Papua untuk memantau masyarakat dan lingkungan di sana. Tapi kala itu beliau datang bersama dengan istrinya, Iriana. Ketika mengetahui kalau transportasi di sana, terutama di Agats menggunakan motor listrik, Jokowi dan Iriana pun penasaran untuk mencobanya.

Saat akan mengunjungi Gedung Serba Guna Widya Mandala, beliau mengajak istri untuk ikut naik motor listrik yang disediakan oleh pemerintah Kota Agats. Tampak keseruan Presiden Jokowi bersama dengan istrinya yang naik motor selama blusukan di Kota Agats.

Meskipun sudah menjabat sebagai presiden, tetap saja Jokowi blusukan agar lebih mengenal kehidupan masyarakat Indonesia. Semakin mengetahui kehidupan perekonomian dan lain-lainnya, Jokowi akan lebih mudah membuat program kebijakan agar masyarakatnya nyaman dan tenang.