Cara Pilih Dokter Spesialis Kebidanan Kandungan yang Tepat

Cara Pilih Dokter Spesialis Kebidanan Kandungan yang Tepat

Sebagai wanita umumnya melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan setelah menikah atau setelah mengetahui bahwa sedang hamil. Padahal secara umum, adanya dokter kandungan itu justru bukan menangani masalah kehamilan tetapi lebih kepada keseluruhan kesehatan organ reproduksi wanita. Saat ini sudah ada dokter spesialis kebidanan kandungan yang dimana artinya dokter tersebut bukan saja melayani persalinan tetapi juga berbagai masalah lainnya. Perlu Anda pahami bersama jika dokter kebidanan dan dokter kandungan itu mempunyai tugas yang berbeda. Pada artikel kali inilah akan dibahas lebih jelas dari keduanya.

Seorang dokter kandungan bertugas mendalami kesehatan keseluruhan sistem organ intim wanita. Umumnya juga sering disebut sebagai dokter obstetri dan ginekologi atau dalam singkatan dikenal istilah obgin, inilah yang lebih utama berperan dalam memeriksa ibu hamil, persalinan sampai dengan perawatan setelah persalinan. Seperti yang dipahami bersama jika ada beragam penyakit yang dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi wanita, semuanya itu bisa ditangani oleh dokter kandungan. SpOG merupakan gelar yang disandang mereka sebagai dokter ahli kandungan, itu merupakan kependekan dari Spesialis Obstetri & Ginekologi.

Berbicara mengenai organ intim seorang wanita sering sekali cukup sensitive, begitu pula ketika harus melakukan pemeriksaan. Bukan saja rasa risih, tidak nyaman atau takut tetapi juga rasa gugup ada dalam moment tersebut. Inilah kenapa memilih dokter kandungan dan kebidanan yang tepat itu sangat penting. Nah, supaya tidak mengalami kesalahan Anda bisa melakukan beberapa langkah sebagai berikut:

  • Mencari referensi.

Merupakan hal yang wajar saja ketika Anda tidak ingin ada orang yang sembarangan begitu saja menyentuh bagian tubuh. Makanya supaya tidak salah, harus menemukan dokter khusus yang dapat dipercaya. Cari referensi adanya dokter spesialis kebidanan kandungan dari keluarga, tema, ataupun dokter umum yang menjadi langganan Anda.

  • Riwayat kesehatan.

Selanjutnya pahami riwayat kesehatan yang telah dialami, ini menjadi salah satu faktor sebelum akhirnya menentukan. Misalnya saja seperti jantung, darah tinggi, komplikasi ataupun yang lainnya. Karena hal itu bisa saja menjadi salah satu pertimbangan dalam pemeriksaan kandungan.

  • Perhatikan keputusan dokter.

Langkah yang selanjutnya adalah memperhatikan hal-hal penting seperti apa saja yang menjadi langkah dokter. Pastikan Anda sependapat dengan dokter, karena itu tidak akan membuat Anda ragu mengambil keputusan penting dalam pemeriksaan kandungan atau kesehatan organ reproduksi.

  • Menentukan rumah sakit.

Umumnya seorang dokter kandungan bisa membuka praktik dirumah sakit, klinik atau bisa juga dirumah pribadi. Tetapi umumnya pada rumah sakit tertentu, ini menjadi salah satu hal penting kenapa Anda juga harus memastikan. Karena jika dokter yang Anda pilih pada rumah sakit tersebut, secara otomatis Anda juga akan melakukan segala proses pemeriksaan dirumah sakit itu. Makanya pastikan segala sesuatu atau rumah sakit sesuai dengan kebutuhan Anda.

Nah, itulah sedikit tips yang bisa Anda lakukan supaya menemukan dokter yang benar-benar dipercaya itu lebih mudah. Jika memang mengalami masalah pada sistem reproduksi, jangan sampai ragu untuk melakukan pemeriksaan. Jadi bukan saja saat hamil Anda memeriksakan diri, tetapi perlu juga dilakukan secara rutin. Umumnya para dokter ahli menyarankan bagi mereka wanita usia 13-15 tahun atau mereka yang sudah aktif melakukan hubungan seksual. Anda bisa melakukan pemeriksaan, konsultasi ataupun segala hal berkaitan dengan kesehatan dan kehamilan. Sekian, semoga tips memilih dokter spesialis kebidanan kandungan dapat membantu Anda.