Jenis Oli Mobil dan Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Oli

5 Jenis Oli Mobil dan Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Oli

Tak sedikit orang yang mengira jika oli hanya bermanfaat sebagai pelumas saja. Anggapan ini memang tidak salah. Namun Anda juga harus paham ada banyak komponen dalam mobil dan berbagai jenis oli untuk berbagai kebutuhan. Nah sebelum ganti oli Shell, kenali dulu jenis-jenis oli kendaraan dan kapan waktu yang tepat untuk menggantinya.

  • Oli Mesin

Sesuai dengan namanya, jenis oli yang satu ini bermanfaat untuk merawat mesin kendaraan Anda. Oli mesin sendiri bermanfaat untuk mengurangi gesekan antar komponen sekaligus membersihkan serpihan logam yang disebabkan akibat gesekan antar komponen. Tak hanya itu saja, oli mesin juga bermanfaat untuk mendinginkan dan menjaga kondisi mesin kendaraan saat digunakan.

Lantas sebenarnya kapan sih waktu yang tepat untuk mengganti oli mesin kendaraan? Hal yang perlu Anda tekankan adalah oli harus diganti berdasarkan dengan jarak tempuh yang sudah dilewati. Umumnya Anda harus segera mengganti oli setiap 5000 km sekali untuk menjaga keadaannya tetap prima. Meski demikian oli mesin tetap bisa bertahan hingga 10.000 km.

  • Oli Transmisi

Oli transmisi bertujuan untuk memudahkan penggantian transmisi sekaligus merawat komponen transmisi agar terhindar dari risiko aus. Ada 2 jenis oli transmisi yakni oli untuk mobil matic dan manual. Untuk mobil matic sendiri oli transmisi sendiri bermanfaat untuk memperlancar komponen, sedangkan pada mobil manual bermanfaat untuk memudahkan perpindahan gigi.

Sama halnya dengan oli mesin, oli transmisi juga harus diganti secara rutin. Untuk oli transmisi mobil manual disarankan untuk melakukan pergantian setiap 8000 hingga 10.000 km sekali. Sedangkan untuk mobil matic, sangat disarankan untuk rutin mengganti oli transmisi setiap 20.000 km sekali.

Pada umumnya harga ganti oli transmisi mobil manual berkisar antara Rp50.000 hingga Rp80.000 sedangkan untuk mobil matic berkisar antara Rp100.000 hingga Rp200.000. Jadi pastikan untuk rutin mengganti oli transmisi kendaraan Anda agar komponennya tetap terjaga dengan baik.

  • Oli Gardan

Oli gardan sendiri terletak di bagian bawah mobil. Jenis oli yang satu ini bermanfaat untuk menghubungkan antara transmisi ke gardan agar kinerja mesin menjadi lebih lancar. Sama halnya dengan jenis oli lainnya. oli gardan wajib diganti setiap 10.000 hingga 20.000 km sekali. Selain itu, Anda juga bisa mengganti oli gardan sekitar 2 hingga 3 kali penggantian oli mesin.

  • Oli Rem

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika oli rem memiliki fungsi yang cukup vital karena berhubungan langsung dengan sistem pengereman. Untuk itu pastikan Anda selalu memberikan perhatian lebih. Selain itu pemilihannya juga tak boleh sembarangan. Mengapa? Sebab salah memilih oli rem dapat membuat suhu berubah drastis dan membahayakan komponen lainnya.

Setidaknya ada beberapa acuan yang menandakan jika Anda harus segera mengganti oli rem. Mulai dari kadar oli rem lebih rendah dari garis min, hingga warna oli rem yang berubah. Umumnya oli rem yang masih baik berwarna kuning muda. Namun jika warna oli rem sudah berubah menjadi hitam atau cokelat, itu artinya rem mobil sudah tercampur dengan kotoran.

Jadi jika Anda sudah menemukan hal semacam ini, pastikan untuk segera ganti oli rem sesuai dengan kendaraan Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengganti oli rem secara rutin paling tidak 2 hingga 3 tahun sekali. Mengganti oli rem secara rutin tak hanya bermanfaat untuk menjaga komponen kendaraan agar tetap prima, namun juga menjaga keselamatan selama berkendara.

  • Oli Power Steering

Pada dasarnya jenis oli yang satu ini bermanfaat sebagai pompa hidrolik guna meringankan penggunaan kendaraan saat mengendalikan setir. Bila oli power steering tidak cukup, maka kondisi ini akan membuat setir menjadi berat dan merusak komponen lainnya. Jadi pastikan Anda rutin mengganti oli power steering agar komponen kendaraan tetap terjaga dengan baik.

Lantas sebenarnya kapan sih waktu yang paling tepat untuk mengganti oli power steering? Pada umumnya masa penggantian oli power steering dapat dilakukan setiap 25.000 km sekali atau paling tidak sekitar 2 tahun sekali.

Nah di atas merupakan beberapa jenis oli mobil dan kapan waktu yang tepat untuk menggantinya. Jadi pastikan Anda selalu ganti oli kendaraan secara rutin agar kondisinya tetap prima. Terlebih lagi oli memiliki peranan yang cukup penting.