4 Rutinitas untuk Menghadapi Anak yang Pilih-Pilih Makanan

4 Rutinitas untuk Menghadapi Anak yang Pilih-Pilih Makanan

 Makan merupakan kegiatan yang terkadang membuat ibu pusing karena anak yang pilih-pilih makanan. Orang tua harus bisa memutar otak agar anak mau makan dan mendapatkan makanan yang bergizi setiap harinya. Berikut ini beberapa rutinitas yang perlu setiap hari lakukan untuk menghadapi anak yang pilih-pilih makanan.

    1. Menghidangkan Makanan Variatif Setiap Hari

Makanan yang bervariasi, akan membuat anak lebih tertarik pada makanannya. Orang tua dapat melihat resep makanan yang bervariasi dari buku resep maupun internet. Jangan mengesampingkan urusan gizi di dalamnya, karena jika makanan hanya menarik tanpa adanya gizi,ini juga akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan sang anak.

    1. Menghias Makanan yang Akan Dimakan

Jika jenis makanan yang dihidangkan sudah bervariasi dalam hal jenis, maka perlu adanya hiasan makanan agar semakin menarik. Menghias makanan akan membuat anak tertarik untuk mengambilnya. Saat anak mulai mencicipi rasanya, ini akan menjadi masalah baru. Namun tidak perlu khawatir, ia akan mencoba rasa baru pada makanan yang menarik untuk disantap.

Cara ini akan membuatnya membuka hati untuk masakan dengan rasa baru. Seperti manisnya wortel, rasa sedikit asam pada tomat dan lainnya. makanan-makanan berwarna-warni ini yang lebih mudah untuk dihias dan menarik hati anak untuk memakannya.

    1. Biasakan Makan Bersama

Rutinitas ini akan membiasakan anak untuk tetap makan pas di jadwal makan. Selain itu, juga orang tua sekaligus memberikan contoh kepada anak untuk makan apapun yang dihidangkan. Orang  tua dapat makan dengan lahap terhadap makanan yang dibenci anaknya. Berikan edukasi bahwa makanan yang dikonsumsi lezat dan bergizi serta penting untuk pertumbuhannya.

Makan bersama ini bisa dilakukan rutin saat pagi dan malam hari. Momen yang semuanya bisa berkumpul. Menu yang dihidangkan harus tetap sehat dan tentunya lezat. Hal ini akan membuat anak menjadi terbiasa untuk makan-makanan yang sehat dengan lahap. Adanya kegiatan makan bersama juga akan membuatnya lebih enak daripada makan seorang diri.

    1. Memberikan Edukasi

Berikan edukasi kepada anak mengenai kandungan dan dampaknya bagi pertumbuhan. Lakukan hal ini saat bersantai bersama anak, dapat  dilakukan dengan mendongeng tokoh inspirasi anak. Kemudian memasukkan unsur makanan yang dihindari sang anak. Cara ini juga perlahan membantu anak untuk mau makan apapun untuk menjadi seperti tokoh idolanya.

Tak hanya manfaatnya bagi tubuh, orang tua juga perlu memberikan edukasi mengenai dampak buruk. Sebagai contoh anak tidak menyukai susu, berikan edukasi mengenai dampak jika tidak mengonsumsi susu. Tulang dan gigi akan cepat rusak dan keropos, sehingga tidak kuat untuk melakukan aktivitas bermain bersama teman-teman lainnya.

Itulah beberapa rutinitas yang harus dilakukan setiap harinya dalam menghadapi anak yang pilih-pilih makanan. Tetap memperhatikan asupan gizi yang diberikan agar anak tak hanya makan lezat, namun juga terpenuhi nutrisinya. Cara-cara tersebut harus dijalani dengan sabar karena anak-anak membutuhkan proses untuk memahami apa yang diinginkan orang tua.